Nutrinext Indonesia
Open Hours : Senin - Sabtu Pukul 08.00 - 16.00 WIB            Pengiriman : Via JNE, J&T, Tiki, dan Pos Indonesia
×

Perawatan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Nutrinext Indonesia - Tekanan darah tinggi atau biasa juga disebut hipertensi merupakaan kondisi saat tekanan darah terlalu tinggi pada dinding arteri. Umumnya akan terjadi saat tekanan darah di atas 140/90 dan paling parah bisa mencapai 180/120.

Obat Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Gejala tekanan darah tinggi dapat diketahui dengan diagnosa dari tim medis, karena penyakit tekanan darah tinggi tidak terlihat gejalanya, dan saat tidak diobati bisa menyebabkan gangguan kesehatan semisal penyakit jantung dan penyakit stroke.

Bahaya Hipertensi

Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Faktor Resiko Hipertensi

Hipertensi dapat terjadi pada semua orang, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, seperti:

  • Lanjut usia
  • Riwayat keluarga yang menderita hipertensi
  • Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkoloh berlebih
  • Jarang berolahraga

Perawatan Hipertensi

Perawatan untuk penyakit hipertensi bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan dengan mengurangi sedikit garam, juga dengan olahraga yang rutin serta mengkonsumsi obat penurun tekanan darah.

    1. Perawatan Diri

      1. Bisa dengan cara latihan fisik, dengan cara aerobik selama 20 hingga 30 menit.
      2. Mengatur tingkat stress
      3. Berhenti merokok
      4. Memantau tekanan darah secara rutin
      5. Batasi konsumsi garam
    2. Penggunaan Obat Hipertensi

Obat-obatan
      1. Penghambat enzim konversi angiotensin yang berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kerusakan ginjal yang berhubungan dengan diabetes.
      2. Diuretik untuk meningkatkan produksi air seni guna mengeluarkan kelebihan garam dan air.
      3. Penghambat beta untuk memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Ketika digunakan dalam bentuk tetes mata, mengurangi tekanan mata.
      4. Obat anti darah tinggi untuk menurunkan tekanan darah.
      5. Penghambat saluran kalsium sebagai cara untuk melemaskan pembuluh darah.
      6. Vasodilator untuk memperlebar pembuluh darah.
    1. Spesialis

Terapi

Selain perawatan dan pengobatan kita juga diperlukan konsultasi ke spesialis yang kompeten di bidangnya diantaranya Penyedia perawatan primer (PCP) untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit, juga Kardiolog yang merupakan spesialis gangguan jantung, dan ahli nefrologi yang berfokus pada gangguan ginjal.

Komplikasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah dan organ-organ lain di dalam tubuh. Jika dibiarkan hipertensi bisa menimbulkan penyakit-penyakit serius, seperti:

  1. Aterosklerosis (Penyempitan dan Penebalan Arteri)
  2. Stroke
  3. Terbentuk aneurisma (Penggelembungan Arteri)
  4. Gagal ginjal
  5. Penyakit Jantung

Jagalah kesehatan tekanan darah terutama bagi yang memiliki faktor resiko hipertensi.


Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.