Nutrinext Indonesia
Open Hours : Senin - Sabtu Pukul 08.00 - 16.00 WIB            Pengiriman : Via JNE, J&T, Tiki, dan Pos Indonesia
×

Cara Mengontrol Gula Darah Tinggi

Nutrinext Indonesia - Diabetes atau umumnya dikenal dengan kencing manis sudah dikenal secara umum. Disebut dengan penyakit kencing manis karena salah satu gejalanya ada urine yang memiliki kadar gula tinggi.

Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus atau gula darah tinggi merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kelainan metabolik akibat dari kurangnya produksi insulin oleh pankreas atau bisa juga karena kurangnya respon tubuh terhadap insulin, atau bisa juga akibat dari adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin.

Bahaya Diabetes Bila Dibiarkan

Seberapa berbahayanya penyakit ini bila di derita. Untuk itu kenali terlebih dahulu pembagian penyakit diabetes menurut jenisnya.

  1. Diabetes Melitus tipe 1
  2. Suatu kondisi kronis saat pankreas memproduksi insulin sedikit atau tidak sama sekali. Kondisi ini biasanya muncul saat masa remaja. Gejala termasuk rasa haus meningkat, sering buang air kecil, lapar, lelah, dan penglihatan kabur.

  3. Diabetes melitus tipe 2
  4. Suatu kondisi kronis yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa). Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin.

  5. Diabetes Melitus Gestasional
  6. Diabetes kehamilan (Diabetes Melitus Gestasional) merupakan kondisi kadar gula darah tinggi yang terjadi pada wanita hamil. Penderita diabetes gestasional berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada gejala. Tes gula darah selama kehamilan digunakan untuk diagnosis.

  7. Pradiabetes
  8. Suatu kondisi ketika gula darah tinggi, tetapi tidak cukup tinggi untuk masuk dalam kategori diabetes tipe 2.

Beberapa bahaya yang umum di derita pada para penderita diabetes kronis antara lain :

  1. Kebutaan
  2. Peningkatan glukosa dalam darah bisa merusak sistem kapiler di dasar mata, yang menyebabkan retinopati diabetik. Secara bertahap akan mengalami kebutaan.

  3. Masalah Sistem Kardiovaskular
  4. Penderita diabetes kronis sangat rentan terhadap komplikasi penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke, infark miokard, dan darah tinggi.

  5. Kerusakan Ginjal
  6. Gula darah tinggi merusak pembuluh kecil pada ginjal sehingga terjadi kerusakan.

  7. Infeksi Kronis
  8. Hal ini ditandarai dengan munculnya bakteri yang menyebabkan infeksi gusi dan saluran kemih

Gula Darah Tinggi

Mengontrol Gula Darah Tinggi

Ada 5 langkah untuk dapat mengontrol gula darah agar dalam kadar yang normal, diantaranya :

  1. Cek gula darah
  2. Tes bisa dilakukan menggunakan mesin portabel kecil yang disebut meteran glukosa darah. Berikut ukuran atau kadar gula darah sebagai parameternya :

    • Normal: di bawah 200 mg/dl
    • Kondisi hiperglikemia: di atas 200 mg/dl
  3. Suntik insulin
  4. Cara medis yang digunakan untuk mengontrol gula darah adalah dengan menyuntikan insulin.

  5. Minum air lebih banyak
  6. Bila kadar gula darah Anda tinggi, Anda disarankan untuk segera minum. Pasalnya, air dalam tubuh akan mencoba menetralisasi kelebihan gula dari darah, kemudian membuangnya melalui urine.

  7. Olahraga
  8. Untuk membantu menurunkan gula darah disarankan melakukan olahraga secara rutin, bertujuan untuk merubah glukosa berlebih menjadi energi.

  9. Membatasi asupan gula
  10. Untuk lebih dapat menjaga kadar gula darah, baiknya batasi makanan yang dapat memicu gula darah naik tinggi.

Seperti penyakit-penyakit lainnya, dimasyarakat Indonesia diabetes mempunyai nama seperti penyakit gula atau kencing manis. Namun ada juga istilah yang cukup unik yakni, "diabetes kering" dan "diabetes basah".

Untuk dunia medis sendiri, tidak mengenal istilah diabetes basah atau kering, namun berdasarkan jenisnya diabetes di bagi menjadi diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2 dan diabetes gestasional.

Nah, untuk "diabetes kering dan basah" baiknya anda ganti dengan luka diabetes kering atau luka diabetes basah, karena masyarakat menyebut istilah tersebut berdasarkan luka yang terjadi pada penderita diabetes. Salah satu gejala diabetes adalah luka yang sulit sembuh.

Fakta Tentang Diabetes di Indonesia

Tanpa disadari dikeseharian kita melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Dilihat dari beragamnya makanan yang menawarkan kita untuk "Gemuk". Kegemukan menjadi salah satu faktor penyebab beberapa penyakit kronis. Salah satunya diabetes.

Nih ada beberapa fakta menarik tentang diabetes, yang dikutip dari liputan6.com Untuk menjadikan kita lebih peka dan waspada dengan kesehatan kita khususnya untuk penyakit Diabetes.

Berikut 6 fakta mengenai diabetes di Indonesia seperti tertulis dalam Diabetes Fakta dan Angka yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI dikutip Rabu (27/4/2016) :

  1. Pada 2015, Indonesia menempati peringkat 7 dunia terkait prevalensi diabetesi tertinggi di dunia dengan estimasi orang dengan diabetes 10 juta orang.
  2. Diabetes dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.
  3. Persentase kematian akibat diabetes di Indonesia merupakan tertinggi kedua setelah Srilanka.
  4. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat yakni 5,7 persen (2007) menjadi 6,9 persen (2013).
  5. 2/3 orang dengan diabetes di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes dan berpotensi untuk mengakses layanan kesehatan dalam kondisi terlambat.
  6. Prevalensi berat badan berlebih atau overweight dan obesitas merupakan salah satu faktor riisko terebsar diabetes meningkat terus dibandingkan Riskesdas pada 2007 dan 2010.

Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.